Hello…!!! Buat kalian yang lagi punya tugas resensi buku, barangkali contoh hasil resensi di bawah ini bisa membantu, yang mana hasil resensi ini di tulis oleh kak Ria Adriyani, kelas XII IPA 2 tahun 2011. Ok dh nggak usah lama-lama, simak aja langsung! :)
                             


 “ Cowok ?? ”


I.       Identitas Buku
Judul Buku     : Lagi-lagi Tentang Cowok
Nama Penulis          : Dila Ariestiani
Penerbit                  : Gagas Media
Tebal Buku     : 120 halaman
Cover              : Sampul buku berlatar kantong celana jeans dengan
sebuah kunci Inggris yang terdapat di dalam kantong  celana tersebut. Di bagian belakang kantong celana, nama penulis serta judul buku dicetak tebal dengan judul buku dicetak lebih besar dibanding nama penulis.
Cetakan                  : Pertama
Harga Buku   : Rp 22. 000, 00

II.       Telaah / Analisis
A.   Isi Buku
Buku “Lagi-lagi Tentang Cowok” ini membahas segala hal tentang cowok, serta hal-hal yang menyangkut soal pacaran. Buku ini memberikan jurus-jurus dalam menghadapi berbagai macam karakter cowok, cara menghadapi berbagai macam bentuk pacaran seperti pacaran dengan teman satu sekolah atau bahkan satu kelas, pacaran dengan orang yang lebih tua atau lebih muda, sampai membahas cara-cara bersikap saat diselingkuhi oleh cowok.
B.   Tujuan Penulisan Buku
Berdasarkan isinya, nampaknya penulis ingin mengenalkan berbagai macam karakter cowok kepada para remaja putri sehingga tahu caranya bersikap dalam menghadapi berbagai macam bentuk cowok. Selain itu, buku ini juga mengajarkan kepada para pembaca hal-hal yang harus dilakukan ketika hubungan yang dijalani tak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga para remaja putri tidak larut dalam permasalahan dan kesedihan karena memang sudah mendapatkan bekal mental dari buku ini.
C.   Manfaat Buku
Buku ini sangat bermanfaat bagi para remaja putri, khususnya yang ingin mengenal atau mencoba berkomitmen untuk menjalani sebuah hubungan. Karena buku ini merupakan suatu bentuk perkenalan cowok secara lebih mendalam. Buku ini juga dengan caranya sendiri memberikan motivasi tersendiri bagi mereka yang pernah merasakan pahitnya perselingkuhan, sehingga mereka tidak terus terpuruk oleh kisah sedih mereka.
D.   Sasaran
Buku ini ditulis dan ditujukan untuk para remaja, khususnya bagi remaja putri.
E.   Sistematika Buku
Bab 1 Gals, Please Remember…

Ø Jangan Mau Dibutain Cinta!
Ø Hindari Pelecehan
Bab 2 Siapa sih Cowok?
          Pria VS Cowok
Bab 3 ‘Catchy’ di Depan Cowok
Ø Cewek yang Bikin Cowok Malas
Ø Cara Menarik Perhatian Cowok Saat Ngobrol
Bab 4 Tentang Pacaran
Ø Pacaran Oke Itu…
Ø Pacaran Satu Sekolah
Ø Pacaran Beda Umur
·       Kalo Dia Lebih Tua
·       Kalo Dia Lebih Muda
Ø LDR : Long Distance Relationship ( Pacaran Jarak Jauh)
Ø Dia Sayang Nggak yah Sama Gue?
Bab 5 Naksir ( atau Ditaksir ) Cowok Orang???
Ø Jatuh Cinta Sama Cowok Orang
Ø Ditaksir Cowok Orang
Bab 6 Deal With His Family
         Jurus Deketin Keluarga Pacar
·       Dengan Ayahnya
·       Dengan Ibunya
·       Dengan Kakak atau Adiknya
·       Dengan Kakek dan Neneknya
Bab 7 Deal With The Ex
Ø Ngadepin Mantan Kita
Ø Ngadepin mantan Si Pacar
Ø Temenan Sama Mantan, Why Not?
Ø Balas Dendam Buat Mantan yang Nyebelin
Bab 8 Cowok Nyebelin
Ø Cowok Kekanakan
Ø Cowok Pelit
Ø Cowok Kasar
Ø Cowok Ramah ( Rajin Menjamah )
Ø Cowok Galak
Ø Cowok Playboy
Bab 9 Dia Selingkuh???
         Hal-hal yang Kamu Harus Lakukan Sewaktu Tahu Diselingkuhin!
Bab 10 Akhir Dari Pacaran
Ø Kalo Ngerasa Dimanfaatin Cowok
Ø Menghadapi Masa Abis Putus
Ø Keuntungan Putus Pacaran
Bab 11 Rahasia Bahasa Tubuh Cowok
Ø Tangan
Ø Gaya Berdiri di Depan Kamu
Ø Kaki
Ø Kepala
Bab 12 Sifat Asli Nyebelin Cowok Berdasarkan Zodiak
Bab 13 Love Test
F.   Bahasa yang Digunakan
Bahasa yang digunakan dalam penulisan ini bukan bahasa baku / formal. Penulis berusaha menimbulkan efek kedekatan dengan para pembacanya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan biasa diselingi dengan bahasa atau istilah-istilah gaul yang biasa digunakan dalam dunia remaja saat ini.

G.   1.     Kelebihan / Keunggulan
a.   Sampul
Sampul buku ini dengan latar belakang kantong celana jenas merupakan sebuah gambar sampul yang sangat menarik, sehingga hanya dengan melihat sampul buku ini orang-orang akan sangat tertarik untuk membacanya.
b.   Judul
Tidak berbeda jauh dengan sampulnya, judul buku ini pun sangat menarik. “Lagi-lagi Tentang Cowok”, merupakan judul yang memang betul-betul pas untuk sasaran buku ini, yaitu para remaja putri. Apalagi cowok di mata remaja putri memang masih merupakan misteri tersendiri, sehingga dengan melihat atau mendengar judulnya, para remaja putri pasti akan penasaran untuk melirik dan bahkan membaca isi buku ini.
c.    Kertas
Kertas yang digunakan dalam buku ini merupakan kertas putih yang terang sehingga tulisan dalam buku ini bisa dibaca dengan sangat jelas.
d.   Bahasa yang digunakan
Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa yang sangat dekat dengan kehidupan para remaja saat ini, sehingga sangat mudah dimengerti. Karenanya, pembaca merasa terus penasaran untuk membaca materi-materi yang dijelaskan dalam buku ini.
e.    Tebal buku
Buku ini hanya terdiri dari 120 halaman dan ukuran bukunya pun cukup  untuk bisa dibaca kapan pun. Dan karena buku ini tidak begitu tebal serta didukung oleh faktor-faktor pendukung lainnya, pembaca jadi tidak bosan dan ada keinginan untuk terus menamatkan buku ini.
f.   Tampilan buku
Selain tampilan sampul  buku yang menarik, bagian dalam dari buku ini pun sangat menarik. Karena selain berisi tulisan-tulisan, buku ini juga memberikan beberapa gambar di sela-sela tulisan, sehingga pembaca tidak merasa jenuh atau bahkan mengantuk saat membaca.
2.     Kekurangan / Kelemahan
a.   Penjelasan materi
Walaupun menggunakan bahasa yang sangat dekat denagn kehidupan para remaja, namun penjelasan materi-materi yang ada di dalam buku ini terkadang monoton dan terkesan membosankan. Ada beberapa hal yang seringkali dijelaskan berulangkali dan terlalu panjang, sehingga terkadang menimbulkan efek bosan bagi pembaca.

III.       Penutup
Simpulan
Berbicara tentang cowok, banyak hal yang mungkin saja muncul di benak para remaja putri. Pelindung, pemimpin, penyayang, atau mungkin menyebalkan, pembohong, dan pengkhianat. Di dalam buku ini dibahas berbagai macam karakter cowok, mulai dari yang paling manis sampai yang membuat cowok menjadi makhluk paling jahat di mata remaja putri. Tidak hanya itu, di buku ini juga dipaparkan cara-cara menghadapi watak-watak cowok tersebut.
Tak kalah serunya, di dalam buku ini juga dipaparkan berbagai hal tentang pacaran. Mulai dari persiapan-persiapan yang harus dilakukan, cara memilih pacar, bahkan membahas hal-hal mengecewakan yang mungkin saja terjadi dalam menjalin hubungan pacaran. Tak ketinggalan pula tips-tips agar hubungan bisa langgeng, serta tips-tips saat dikhianati oleh makhluk misterius bernama cowok. Jadi untuk para remaja putri, baik yang belum pernah pacaran, mau pacaran, sedang pacaran, baru putus, atau yang sedang bersedih karena pengkhianatan, buku ini merupakan bacaan yang tepat. Karena buku ini dengan caranya sendiri akan memberikan motivasi atau ide tersendiri dalam menjalani hubungan, sehingga para pembaca dapat mendapatkan persiapan mental yang lebih untuk berkomitmen dalam hubungan pacaran.

date Selasa, 25 Desember 2012

0 komentar to “Resensi”

Leave a Reply: