Postingan yang lalu, sobat jamu hijau udah bagi bahan pidatobahasa inggris. So, kali ini  buat teman-teman yang pengen buat pidato bahasa Indonesia barangkali ini bisa dijadiin pidato buat pembaca.

“Pendidikan Berkarakter Untuk Generasi Gemilang”
Pendidikan adalah gerbang menuju kemajuan. Ilmu pengetahuan adalah alat untuk menggapai masa depan. Tapi nilai bagus saja tidak cukup, pendidikan yang hanya berorientasi pada nilai akademik hanya akan menghasilkan manusia pintar tanpa nurani. Beberapa waktu terakhir anak-anak Indonesia mulai menunjukkan prestasi luar biasa dan memenangi beberapa penghargaan internasional. Tapi ironisnya prestasi itu muncul bersamaan dengan berbagai berita miris tentang anak sekolah. Tawuran, bullying, bahkan penganiayaan guru oleh murid.

Masalah ini telah membuka kesadaran kita tentang pentingnya pendidikan karakter. Sekarang ini, Pendidikan karakter mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tapi di rumah dan di lingkungan sosial. Gerakan ini membutuhkan keterlibatan pemerintah, sekolah, masyarakat, orang tua dan diri kita sendiri. Bahkan sekarang ini peserta pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa.

Bapak Soekarno, Presiden Pertama Indonesia juga sering menegaskan mengenai pentingnya pembangunan karakter bangsa. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Pendidikan Berkarakter adalah pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik & mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Sumber nilai-nilai karakter bangsa adalah Pancasila, UUD, Agama, Budaya dan Tujuan Pendidikan Nasional. Pendidikan berkarakter merupakan upaya mewujudkan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.  Adapun 3 fungsi pendidikan berkarakter adalah sebagai berikut.

1.   Mengembangkan potensi dasar yang dimiliki oleh peserta didik
2.  Memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang muktikultural
3.  Meningkatkan peradaban yang kompetitif dalam pergaulan.

Hal ini juga telah diatur adalam UU Sisdiknas RI No 20 Tahun 2003  pasal 3 yang berbunyi  “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta  peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia  yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab” 

Pendidikan adalah untuk mengukur perkembangan bangsa. Membangun manusia cerdas adalah hal yang sangat oenting, tapi sejarah mengajarkan kita bahwa banyak orang yang mempunyai IQ yang bagus tapi mereka tidak memiliki EQ hanya membuat bencana untuk negeri. Disinilah pentingnya pendidikan berkaraktar sangat diperlukan sebagai kebutuhan untuk menciptakan generasi gemilang.

Theodore Roosevelt pernah mengatakan bahwa Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat. Tujuan pendidikan bukan hanya melahirkan insan yang cerdas, namun juga menciptakan insan yang berkarakter kuat. Seperti yang dikatakan Dr. Martin Luther King, yakni “intelligence plus character that is the goal of true education” (kecerdasan yang berkarakter adalah tujuan akhir pendidikan yang sebenarnya). Oleh karena itu mengimplementasikan Pendidikan Berkarakter dengan berpedoman pada sumber nilai-nilai karakter bangsa adalah cara yang kreatif dan efektif untuk mengajarkan nilai-nila positif untuk. Tidak ada masa depan yang lebih baik yang bisa diwujudkan tanpa kejujuran, tanpa meningkatkan disiplin diri, tanpa kegigihan, tanpa semangat belajar yang tinggi, tanpa mengembangkan rasa tanggung jawab, tanpa memupuk persatuan di tengah-tengah kebinekaan, tanpa semangat berkontribusi bagi kemajuan bersama, serta tanpa rasa percaya diri dan optimisme. Inilah tantangan bangsa Indonesia, tantangan generasi muda Indonesia sebagai generasi yang gemilang. Inilah totalitas dari karakter bangsa yang kuat dan unggul, yang pada kelanjutannya akan bisa meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa, menuju Indonesia yang maju, bermartabat dan sejahtera di abad 21 ini.
Ketahuilah bahwa Anda mempunyai potensi untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter, upayakanlah itu. Karakter, lebih dari apapun dan akan menjadikan Anda seorang pribadi yang memiliki nilai tambah. Karakter akan melindungi segala sesuatu yang Anda hargai dalam kehidupan ini.

ok, sampai disini dulu postingannya, semoga bermanfaat.


date Selasa, 25 Desember 2012

0 komentar to “Pidato”

Leave a Reply: